2.6.11

eurail, europe train and stupidity

akhirnyaaa.. setelah 4 hari jalan2 di holland, gw cao ke Ilmenau via Frankfurt dan Erfurt. yap! gw naik kereta instead of taking the plane. emang enakan naik kereta sih, soalnya bisa ngeliat pemandangan yang bagus banget kayak ladang bunga kuning (since i was there at spring).

my tips, kalo mo naik kereta di eropa, apalagi lo mo keliling2 eropa sampe mabok, BELI EURAIL PASS. kalo beli itu sangat2 enak. cuman tinggal naik kereta, sodorin tiket, tiketnya dicap, udah deh tinggal duduk manis. ngomong2 tentang duduk manis, pertama kali gw naik kereta gw kagak ada tuh yg namanya duduk manis. bukan salah tiketnya, tapi salah gw karena gw gatau kursi mana yg udh di reserved dan mana yg enggak. soo.. pertama gw udh duduk nih di kursi pertama di 2nd class. gw udh sempet tidur dan udh ngelewatin beberapa stasiun. pas nyampe si suatu stasiun, ada org yg bilang kalo kursi yg gw dudukin ternyata dia udh reserve. yowes lah gw pindah dgn membawa2 koper gw yg super berat. gw menemukan gerbong yg lumayan sepi dan duduklah gw di kursi kedua. setelah gw sempet nyemil2 dan tidur (lagi), ada yg minta liat tiket padahal tiket gw udh dicap. trus dia ngasih tau gw kalo gerbing itu 1st class sedangkan tiket gw buat 2nd class. daaaar!! untungnya gw dikasih tau pas tinggal satu stasiun lagi ke Frankfurt. yaudahlah karena gw udh males nyari bangku kosong lagi, gw duduk di lantai. #nasiborgkagaktaunaikkeretaeropa
ps : sampe skrg pun gw ga ngerti mana yg udh ke reserved mana yg kagak. beware aja sama tulisan bahn-confort. alhamdulillah kalo lo ngerti bahasa jerman. ;)

oya, eurail pass ini ada beberapa macem. tergantung lo mo ke negara mana. karena gw ke amsterdam sama german only, jadi gw cuman beli benelux-germany pass. eurail ticket ini bisa lo beli di travel agent manapun. mending minta urusin mereka daripada ngurus sendiri krn mereka sangat ngerti mana yg paling baik buat kita. namanya juga travel agent.

No comments:

Post a Comment