12.5.14

Semarang spotlight: Gedong Songo

Gedong Songo alias Candi Sembilan terletak di pegunungan (jadi hawanya adem) dan kira-kira butuh waktu kurang lebih satu jam ke tempat wisata ini dari Ungara. kalo dari Semarang mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, secara dari Semarang menuju Ungara (well sepengetahuan gw) lewat tol dan memakan waktu 30 menitan. seperti yang bisa dilihat di gambar diatas, per orang masuk Candi ini cukup murah yaitu hanya Rp 6.000,- kecuali anda berasal dari luar Indonesia, mohon maaf karena anda butuh mengeluarkan uang yang cukup mahal yaitu Rp 50.000,-.
karena kawasan candi ini lokasi candinya misah-misah, ga kaya di Prambanan ataupun Borobudur yang candinya di satu tempat, jadilah kita harus menempuh jalan setapak sepanjang 4 km (dengan kontur yang nanjak atapun menurun. sedikit yang jalanannya lurus-lurus aja). soo.. bagi kalian yang ga mau jalan kaki dan membuat kaki kalian gempor, disediain jasa naik kuda dengan harga variatif dari Rp 25.000,- sampe Rp 70.000,-. 
walaupun judulnya Candi Sembilan, tapi yang tersisa cuman 5 candi. yang lainnya hanya sisa reruntuhan dan berbentuk batuan yang tertumpuk. katanya sih bisa jadi ini karena faktor alam ataupun manusia yang emang sengaja mau ngeruntuhin. menurut petugas disana, kegunaan candi di Indonesia ada dua, yaitu bisa dijadiin tempat pemakaman atau hanya sekedar tempat sembahyang/ibadah. dan untuk candi ini emang hanya digunakan sebagai tempat ibadah. if you take a closer look, 5 candi yang masih utuh ini 'pintu' candinya semuanya menghadap kearah yang sama. kalo ga salah ke utara (maaf gw lupa hehe). di tempat wisata ini bukan hanya candi aja lho. ternyata juga ada asap yang keluar secara terus menerus dari dalam bumi.
PS: watch out for your step karena banyak kuda yang lalu lalang, jadi beware of their droppings ;)

No comments:

Post a Comment