1.4.11

pembuatan visa

bukannya gw mo sok tau ato gmna, mumpung gw udah ngalamin sendiri, jadi gw cuman pengen bagi2 pengalaman dan ilmu (ciah!) aja. oke?

well.. karena tujuan gw jerman, so pasti gw ngajuin pembuatan visanya di kedubes jerman. kalo pada gatau itu dimana, itu deket banget sama bunderan HI dan depan2an sama Harvey Nichols. mereka buka dari jam 7 pagi, ga ada tulisan kedubes jerman gede2, so lo harus cermat ngeliat kalo ga lo bakal muter2. untuk ngajuin visa, you have to prepare :
1. visa application form yang diisi lengkap (kalo enggak bakal dicoret pake spidol merah dengan seenak jidatnya sama mereka)
2. paspor asli (krn bakal ditahan sama mereka sampe visa keluar dan mereka ga butuh fotokopiannya)
3. asuransi perjalanan (dgn materai 6000)
4. bukti bookingan tiket pesawat
5. official invitation letter dari ISWI (fotokopian)
6. kalo mo extend, harus ada bukti bookingan hotel. kalo mau nginep dirumah temen ato sodara, harus ada invitation letter dari mereka
7. kartu keluarga (fotokopian)
8. print-an rekening bank selama 3 bulan (min. kurang lebih 15 jt)
9. surat keterangan mahasiswa dari fakultas

saran dari gw, paling enak dateng hari jumat karena itu adalah hari yang paling sepi karena stand visa yang buat tinggal lebih dari 3 bulan tutup hari itu, jadi walopun lo dateng jam 7 pas (ga perlu ngantri dari pagi2 bolong), itu palingan baru ada 2-3 orangan. trus, kalo mo nanya2, mending sama satpamnya aja. mereka jauuuuuuh lebih baik daripada orang2 yang ada di dalem. hehe, gw aja becanda2 dulu sama mereka (sebenernya untuk menghilangkan deg2an sebelom masuk untuk diwawancara ;p)
oya, pengantar ga boleh masuk, trus diluar ga ada tempat duduk. jadi kalo lagi musim hujan, bawa payung. suruh yang nganter lo (kalo ga bawa mobil), bawa majalah ato apapun buat melepas penat soalnya bakalan ngemper kayak gembel.

2 comments: