1.7.14

Solo spotlight: Keraton

 letaknya cukup dekat sama Pasar Klewer dan Masjid Agungnya. karena sebelum kesini kita makan pecel dulu di Manahan, jadilah kita naik angkot. kalo dari Manahan, bisa naik angkot 06 dari Bunderan deket stadion bola, terus nyambung angkot 01A, diturunin langsung depan Keratonnya.
masuk sini Rp 10.000,- dan kalo bawa kamera nambah Rp 3.000,-. daaan.. karena di depan keratonnya persis (sebelum belok ke kiri) ada penjaga Keraton dengan berbusana khas Jawa, kita bisa foto foto dulu. kalo mau foto sama mereka cuma bayar sukarela. walaupun kalo ngasihnya dikit muka mereka rada ga enak gitu haha!
setelah belok kiri, masuklah ke museum keratonnya. safe to say, museumnya agak horor ya dengan benda-benda antik peninggalan kerajaan yang lalu dan kereta-kereta yang ga boleh dipegang. kalian juga bisa nyewa pemandu untuk ngejelasin silsilah kerajaan dan fungsi benda-benda yang dipajang di seluruh museum ini.
kalo udah puas liat-liat dan keliling museumnya, bisa masuk ke taman keratonnya. kalo mau masuk sini ga usah bayar lagi, tapi beware yang pake sendal jepit. karena kalian harus nyeker seperti nasib gw kemaren. dan untuk laki-laki yang pake celana pendek, pihak Keratonnya nyediain celana batik panjang yang harus di dobel dengan celana kalian. dan idem juga buat cewek. ga usah khawatir kaki kalian bakal nginjek yang ga diinginkan karena tamannya cukup bersih.

1 comment: