10.10.12

belajar mengajar

 selama ini kita ngeliat guru dalam perspektif seorang murid. ada guru yang ngebosenin lah, ada guru yang killer lah, ada guru yang kepo lah, ada pula guru yang doyan ngasih tugas. tapi pernah denger ga sih guru ngeluh gara2 kecapean ngajar atau ngeliat guru bener2 down ato stres gara2 kecapean ngajar? kalo gw sih ga pernah. setelah akhirnya dapet kesempatan ngajar anak SD di 3 sekolah di Desa Lengkongbarang, gw baru ngerasain betapa capeknya jadi guru! haha! harus mengeluarkan suara ekstra (apalagi kalo udh kelas 4,5 atau 6 yang udah mulai bandel). ngajarin nyanyi sih emang awal2nya seneng dan semangat. tapi lama kelamaan stamina berkurang dan jadi capek. lebih2 pas gw ngajarin pelajaran matematika sama bahasa inggris. kadang2 ditengah2 ngajar mati gaya! bingung mo ngapain lagi.
bukannya gw sebelumnya underestimate seorang guru, tapi gw cuman ga ngira aja bakal secapek ini jadi seorang guru. padahal gw cuman ngajar sehari setiap satu sekolah. emang bener banget deh kata2 guru itu adalah "pahlawan tanpa tanda jasa".

No comments:

Post a Comment